Tekanan Darah Stabil Berkat Sayur dan Buah

Ingin menghindari penyakit tekanan darah tinggi? Jawabannya mudah. Perbanyak asupan potasium dalam buah dan sayur segar. Niscaya tekanan darah Anda bisa stabil.

Penelitian terbaru membenarkan hal tersebut. Studi membuktikan, pola makan tinggi potasium dapat menurunkan risiko seseorang terhadap tekanan darah tinggi. Bahkan untuk orang yang sudah terkena hipertensi, dapat membantu menurunkannya.

Dr. Mark C. Houston dari Vanderbilt University School of Medicine dan Dr. Karen J. Harper dari Harper Medical Communications, Inc mengungkap, asupan potasium yang sesuai dapat menjadi alasan para vegetarian dan masyarakat terisolasi sangat sedikit mengalami serangan jantung.

Masyarakat terisolasi terbiasa mengounsumsi makanan rendah kandungan sodium serta banyak makan buah dan sayuran yang tinggi kandungan potasium. Penyakit tekanan darah tinggi hanya dialami oleh sekitar 1% dari populasi. Sebaliknya, masyarakat modern yang mengonsumi makanan industri serta memiliki banyak kandungan sodium lebih banyak sekitar 1:3 menderita tekanan darah tinggi.

Pola makan yang diaanjurkan untuk konsumsi masyarakat di Amerika Serikat yaitu dua kali lipat kandungan sodium dan setengah kandungan potasium. Rendahnya asupan potasiuam diperkirakan sebagai penyebab semakin banyaknya penderita tekanan darah tinggi di sana.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Houston dan Harper, disarankan agar dilakukan peningkatan asupan potasium. Hal itu dipercaya dapat menurunkan penderita tekanan darah tinggi hingga 10%. pada tahun 2006, American Heart Association mengeluarkan panduan pola makan baru yang menyarankan asupan potasium hingga 4,7 gram per hari.

“Peningkatan asupan potasium dan penurunan sodium mungkin merupakan hal terpenting untu pola makan sehat yang diperlukan untuk mengurangi penyakit kardiovaskular,” ujar para peneliti.

Beberapa penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa pola makan dengan asupan magnesium 500-1000 mg per hari ditambah dengan 800 mg kalsium dapat risiko tekanan darah tinggi.

“Asupan jenis-jenis mineral tersebut secara otomatis dapat naik melalui peningkatan konsumsi buah dan sayu, dapat menormalkan tekanan darah dan mengurangi serangan jantung korener dan stroke,” papar Houston dan Harper dalam kesimpulannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: